Simetri Lipat dan Simetri Putar

Simetri Lipat dan Simetri Putar. Simetri Lipat adalah jumlah lipatan yang dapat dibentuk oleh suatu bidang datar menjadi 2 bagian yang sama besar. Untuk mencari simetri lipat dari suatu bangun datar maka dapat dilakukan dengan membuat percobaan dengan membuat potongan kertar yang ukurannya mirip dengan yang akan diuji coba. Lipat-lipat kertas tersebut untuk menjadi dua bagian sama besar. Jika suatu bangun dilipat menjadi dua, sehingga lipatan yang satu dapat menutup bagian yang lain dengan tepat, maka dikatakan bangun tersebut memiliki simetri lipat.

Simetri Putaradalah jumlah putaran yang dapat dilakukan terhadap suatu bangun datar di mana hasil putarannya akan membentuk pola yang sama sebelum diputar, namun bukan kembali ke posisi awal. Suatu bangun mempunyai simetri putar jika ada satu titik pusat dan bangun tersebut dapat diputar kurang dari satu putaran penuh sehingga bayangannya tepat pada bangun semula. Percobaan dapat dilakukan mirip dengan percobaan pada simetri lipat namun caranya adalah dengan memutar kertas yang telah dibentuk. Jika suatu bangun datar diputar melalui pusatnya dan dapat tepat menempati tempat semula maka dikatakan bangun tersebut memiliki simetri putar. Banyaknya bangun tersebut menempati tempat semula dalam sekali putaran menjukkan jumlah simetri putar. Arah perputaran mengikuti arah jarum jam.

Sumbu simetri adalah garis yang membagi suatu bangun menjadi dua bagian sama besar. Berikut ini sumbu simetri dari beberapa bangun datar

Berikut ini simetri lipat, simetri putar dan sumbu simetri beberapa bangun datar :
NoNama Bangun DatarSimetri LipatSimetri PutarSumbu Simetri
1.Segitiga samakaki1-1
2.Segitiga samasisi333
3Segitiga sembarang---
4.Segitiga siku-siku samakaki1-1
5.Persegi Panjang222
6.Persegi444
7.Jajargenjang-2-
8.Trapesium samakaki1-1
9.Trapesium siku-siku---
10.Trapesium sembarang---
11.Layang-layang1-1
12.Belah ketupat222
13.Lingkarantak terhinggatak terhinggatak terhingga
14.Oval/Elips222
15.Segienam Beraturan666
16.Segidelapan beraturan888
Catatan : Bangun datar dikatakan tidak mempunyai simetri putar  jika hanya dapat diputar satu keliling lingkaran penuh atau satu putaran. Contohnya : segitiga samakaki, segitiga siku-siku sama kaki, trapesium samakaki, dan layang-layang.